Senin, 03 Oktober 2011

5 makanan yang baik untuk kesehatan jantung

Sumber: diambil dari htpp://lifestyle.sidomi.com
by Ilham Choirul
Posted on 13 Jul 2011 at 11:52am

buah-jantung-sehatSelain berolahraga, jantung memerlukan asupan makanan bergizi untuk melancarkan proses kerjanya. Kolesterol merupakan salah satu “penjahat” yang seringkali mengganggu kinerja jantung. Serangan jantung koroner adalah salah satu akibatnya. Maka dari itu, perlu juga memperhatikan yang baik buat kesehatan jantung kita. Inilah lima jenis makanan yang bersahabat dengan jantung:

1. Kacang almond

Kacang almond dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Menurut Christopher Gardner, Ph.D., seorang peneliti kolesterol dari Stanford University, kacang almond juga memiliki lemak tak jenuh tunggal dengan berbagai manfaatnya. Tidak seperti lemak jenuh, jenis mono tidak menghalangi penghapusan kolesterol LDL dari aliran darah.

2. Apel
Makan satu apel jenis Red Delicious dapat menekan oksidasi LDL, yang menghasilkan penurunan hingga 8 persen. Demikian kata peneliti di Cornell University, seperti dikutip MSN.com. Apel, beserta kulitnya, mengandung serat larut yang dapat membersihkan dinding arteri. Anda bisa menggabungkan sepotong apel pada makanan oatmeal.

3. Kacang kedelai

Kacang kedelai mampu menanggulangi segala sesuatu yang diakibatkan oleh kolesterol hingga kanker.

4. Blueberi

Buah ini memiliki zat yang bernama pterostilbene. Zat tersebut adalah sebuah antioksidan yang dapat merangsang sel hati untuk lebih memecah lemak dan kolesterol. Demikian menurut ilmuwan USDA.

5. Ikan

Dua porsi ikan dalam seminggu, dapat menurunkan kadar LDL sebesar 20 persen. Ilmuwan dari Tufts University mengatakan, dalam jumlah yang cukup tinggi, asam lemak omega-3 dari ikan akan “menghabisi” kolesterol dalam aliran darah melalui molekul dan menyusutkan ukuran partikel LDL hingga tersisa hanya 12 persen

Read Also

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...