Selasa, 22 November 2011

Beberapa model usaha di bidang ternak kenari

Breeder

canary_breeder_holesBreeder atau peternak adalah bertugas beternak kenari dimana proses ini bisa beberapa tahap mulai penjodohan, memelihara anakan, menyilangkan beberapa jenis kenari sehingga bisa menghasilkan jenis baru. Modal utama seorang breeder yaitu :

- memiliki pengetahuan mengenai peternakan, mengerti mengenai kawin silang dll.

- Tekun

- Sabar

Pengalaman saya sebagai breeder modal yang paling utama dalam beternak adalah tekun dan kesabaran karena proses ternak burung kenari banyak proses yang harus dijalani, juga kendala-kendala lumayan banyak.

Bagi pemula Saya tidak lupa mengingatkan jika anda pemula lebih baik beli indukan yang sudah siap ternak. Dengan membeli indukan yang sudah siap ternak anda tidak terlalu lama menunggu indukan kenari siap bertelor, bagi pemula proses bertelor dan beranak merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Jika anda membeli calon indukan dari usia dini atau anak usia 1 bulan anda harus menunggu minimal 6 bulan belum kendala-kendala pada saat menjodohkan.

Selain usia dalam memilih indukan harus diperhatikan beberapa factor diantaranya postur tubuh, warna dan suaranya. Karena anak yang dihasilkan akan tergantung dari kedua indukannya. Untuk hal ini anda bisa baca tulisan suhu saya Pak Kian Sing mengenai indukan betina sangat menentukan dalam beternak. Dengan memperhatikan hal-hal diatas diharapkan anakan yang dihasilkan kualitasnya bagus dan hasil akhirnya banyak di cari orang.

Grower

Grower adalah pihak yang bertugas memeliharaan kenari dari anakan sampai dewasa. lomba2Biasanya grower ini banyak dilakukan oleh hobis kenari yang senang lomba. Mereka membeli anakan dari peternak selanjutnya grower ini merawat dan memaster suara anakan dengan master burung yang diinginkan. setelah dewasa & bersuara bagus kenari tersebut dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Dalam memilih bakalan si grower harus hati-hati, karena burung kenari merupakan makhluk hidup pada waktu dijual bisa aja berkurang karena lepas atau mati. Factor factor yang harus diperhatikan oleh si grower yaitu kesehatan, katuranggan, kalau bisa kita harus mengetahui kualitas indukannya. Diharapkan dengan memperhatikan factor-factor tersebut bisa mengurangi kekecewaan pada saat dewasa nanti.

Keahlian memaster kenari tidak semua orang mampu melakukannya karena pertama si pemaster harus tahu kualitas anakan yang akan dimaster, harus tahu suara master yang lagi ngetrend dan yang utama harus tahu cara master yang terbaik. Pemaster juga harus mengetahui variasi lagi yang dihasilkannya nanti.

Seller

petshop3Seller atau penjual adalah tugasnya hanya menjual dan membeli burung kenari. Jika anda ingin bisnis dari burung kenari tetapi tidak mau diribetin dengan tetek bengek proses ternak, anda bisa masuk menjadi pedagang.

Pada umumnya pedagang tidak memiliki peternakan sendiri, mereka hanya mengambil burung kenari dari peternak dan dijual ke hobis atau pedangan lain dengan cara satuan atau borongan. Untuk menjadi seller anda harus mempunyai tempat untuk memajang burung kenari atau biasa disebut show room (kios). Adapun dalam keseharian seller ini dalam menjalankan bisnis ada beberapa cara :

  1. Buka kios di pasar burung
  2. Memanfaatkan lahan kosong di rumah atau biasa disebut open house.
  3. Jika anda bermodal cekak atau kecil anda bisa menjadi broker atau makelar anda cukup modal hp yg bisa memoto dan dikirim lewat MMS ke pelanggan anda.
  4. Kalau anda punya kemampuan membuat website, anda bisa jualan lewat internet.



Sumber:
http://burungkenari.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...