Kamis, 09 Februari 2012

Abortus 3 bulan pada sapi perah



Kasus kali ini yang bisa saya abadikan dengan hp temanku seorang paramedis veteriner adalah kasus keguguran atau abortus pada sapi perah. Laporan adanya sapi yang keluar ari-ari begitu peternak daerah sekitar merbabu menamakannya ketika salahsatu inseminator yang memberitahukan kepada saya bahwa di salah satu peternak di atas bukit dekat telomoyo sapi nya mengeluarkan ari-ari. Segera saya dan paramedis menuju ketempat peternak yang melapor. Setelah meliwati tanjakan pas didekat masjid diatas bukit itulah tempat peternak, dan setelah saya cek kekandang dengan melihat secara langsung sapi berdiri dan tampak plasenta menggantung. Plasenta segera saya keluarkan tentu saja saya memakai glove panjang dan fetus akhirnya saya keluarkan juga. Air ketuban yang masih tertahan saya keluarkan sedemikian rupa sehingga uterus bersih dari air ketuban, sisa plasenta dan juga fetus. Setelah dberi pengobatan yang sesuai prosedur saya pamit ke Puskeswan tentu saja setelah diberi uang jasa...

1 komentar:

  1. foto ini asli diambil oleh saya, kasus saya di daerah kopeng, getasan kab. semarang, pernah aku liat diambil dan dipake oleh seseorang dan bilang dia ambil dr internet...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...