Selasa, 07 Februari 2012

RahasiaPublic speaking yang sukses - Memiliki kelebihan untuk berbicara di depan orang banyak ternyata ada rahasiana lho. Ini lah kunci sukses seorang public speaking.

Tiap orang berhak mendapatkan kesempatan menjadi seorang public speaking, namun terkadang rasa menakutkan menghampiri kala menghadapi banyak orang di depan muka. Dan tidak hanya seorang atasan yang memikul tugas berbicara di tengah orang banyak. Karena keahlian ini harus dimiliki setiap orang agar saat bertemu orang yang banyak dan tidak di kenal, akan mudah baginya. Namun, di balik kemampuan berbicara yang luar biasa itu, seorang public speaking tentunya memiliki rahasia yang juga istimewa.

Rahasia sukses public speaking

  • Bangun rasa percaya diri.rahasia sukses public speaking Rahasia Public Speaking yang Sukses
    Saat berhadapan dengan banyak orang yang tidak dikenal satu dengan lainnya. Kita wajib memiliki kepercayaan diri yang baik. Serta tak lupa sikap antusiasme yang baik. Agar yang mendengarkan penjelasan kita tidak akan merasa bosan dan bermalas-malasan. Alangkah baiknya bila kita menguasai materi yang akan disampaikan terlebih dahulu. Agar perasaan gugup tidak menghinggapi.
  • Berikan waktu saat berbicara.
    Pastikan pendengar mendengarkan materi yang di sampaikan. Lalu berikan sedikit jeda saat berbicara, agar bila ada materi yang belum jelas, bisa dimengerti oleh pendengar. Selain itu, jangan pula menyampaikan materi bertele-tele dan tidak tepat sasaran, karena akan membuat pendengar menjadi jenuh dan tidak semangat.
  • Kenali para pendengar.
    Ini dimaksudkan agar kita lebih mudah menyesuaikan diri serta menempatkan bahasa yang baik. Hanya perlu dari kalangan mana serta latar belakang para pendengar. Agar bahasa yang kita selipkan mudah dimengerti.
  • Peka terhadap lingkungan.
    Semua menginginkan mengerjakan sesuatu tanpa halang dan rintangan apa pun. Namun, apabila kita harus mengalami hambatan tertentu, jangan meneruskan materi agar cepat selesai, namun buatlah agar suasana tetap nyaman dan baik. Dan usahakan agar kita tetap senyum dan santai. Jangan pernah panik menghadapi situasi apa pun. Bila terlihat pendengar tampak bosan, kita pun bisa sedikit menyelipkan humor segar agar pendengar lebih terhibur.
  • Latihan yang baik.
    Bila perasaan gugup selalu menghantui saat akan berbicara di tengah orang banyak, alangkah baiknya kita latihan sejenak. Latihan di depan anggota keluarga misalnya, atau di antara teman-teman. Lalu tanyai mereka tentang apa saja yang perlu di perbaiki. Maka dengan mudah kita bisa melakukannya.

Selamat mencoba menjadi public speaking yang sukses.

Sumber: http://aurapesona.com/rahasia-public-speaking-yang-sukses/4525/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...