Kamis, 18 Juni 2009

bio gas



Dari kotoran sapi bisa diolah menjadi suatu barang yang lebih berguna,Kotoran sapi selain digunakan sebagai pupuk untuk tanaman juga bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif yaitu bahan bakar yang biasa disebut sebagai biogas. Feses atau kotoran sapi ini mengeluarkan sauatu gas yang mudah terbakar berupa metana yang bisa sebagai bahan bakar tentu saja dengan memodifikasi sedemikian rupa sehingga konsentrasi gas metana ini cukup untuk bisa sebagai bahan bakar alternatif.Disini saya akan ulas sedikit tentang alat biogas.Pertama kita hrus mempunyai sebuah kontainer yang nantinya sebagai wadah feses sapi berbentuk silinder yang berukuran diameternya 1m dan tinggi sekitar 1,5 m yang ditanam dan dikasih pralon 3 inchi untuk memasukan feses dan pralon pembuangan, yang kedua yang harus dipersipkan adalah slang utuk menghubungkan reaktor ke regulator dan ke plastik penampung gas dan akirnya ke kompor gasnya. Reaktor yang berupa kontainer ini harus diisi tiap hari dengan feses sapi sebanyak kira-kira 5-7 kg yang dicampur air dan diaduk debgan perbandingan 1 : 1 dengan begitu selama kira-kira 2 minggu akan terbentuk gas dan kantong plastik penampung gas akan menggembung dan kompor akan bisa dinyalakan. Demikian sedikit gambaran tentang biogas lebih jelas ungkin liat gam bar diatas apabila ada pertanyaan ajukan dikomentar y!ni artikel buru-buru saya tulis jadi bahasanya tidak terperinci dengan baik.

Ini beberapa uraian tentang biogas yang diambil dari
WIKIPEDIA:

Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sambah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.

Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Biogas dan aktivitas anaerobik

Biogas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik sangat populer digunakan untuk mengolah limbah biodegradable karena bahan bakar dapat dihasilkan sambil menghancurkan bakteri patogen dan sekaligus mengurangi volume limbah buangan. Metana dalam biogas, bila terbakar akan relatif lebih bersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida. Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfer oleh fotosintesis tanaman, sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon diatmosfer bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.

Saat ini, banyak negara maju meningkatkan penggunaan biogas yang dihasilkan baik dari limbah cair maupun limbah padat atau yang dihasilkan dari sistem pengolahan biologi mekanis pada tempat pengolahan limbah.

Rentang komposisi biogas umumnya

Komposisi biogas bervariasi tergantung dengan asal proses anaerobik yang terjadi. Gas landfill memiliki konsentrasi metana sekitar 50%, sedangkan sistem pengolahan limbah maju dapat menghasilkan biogas dengan 55-75%CH4 [1].

Komposisi biogas[2]

Komponen %
Metana (CH4) 55-75
Karbon dioksida (CO2) 25-45
Nitrogen (N2) 0-0.3
Hidrogen (H2) 1-5
Hidrogen sulfida (H2S) 0-3
Oksigen (O2) 0.1-0.5

Pupuk dari limbah biogas

Limbah biogas, yaitu kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry) merupakan pupuk organik yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, unsur-unsur tertentu seperti protein, selulose, lignin, dan lain-lain tidak bisa digantikan oleh pupuk kimia. Pupuk organik dari biogas telah dicobakan pada tanaman jagung, bawang merah dan padi.

2 komentar:

  1. maaf om,,saya mu tanya...
    apakah komposisi pembuatan biogas dari kotoran sapi sama dengan pembuatan biogas dari kotoran manusia???

    kalo beda,,bleh tau ga komposisi nya apa saja??
    saya tunggu jawabannya,,terima kasih sebelumnya..
    "LPKIA - Bandung"

    BalasHapus
  2. sori om baru baca dah lama blog aku tinggal,..menurut artikel di wikipedia komposisi utama biogas co2 dan ch4 baik dr hewan ato manusia tgl persentase yang mungkin bervariasi...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...